Selasa, 02 Oktober 2012


TEATER MODERN

Pertemuan ke 2

Akar Modern hingga Postmodern


Akar Modern

·       Pemberontakan terhadap mitologi dan menggunakan akal pikiran: Socrates “Kenalilah Dirimu Sendiri”
·       Plato: Manusia terdiri dari Tubuh (Epithymia): Petani, Tukang, Buruh; Kehendak (Thymos): Para Prajurit; Rasio (Logos): Pemimpin

Kelahiran Modernitas

·       Humanisme Italia (abad 14)
·       Renaissance (Kelahiran Kembali) abad 16: Pembebasan terhadap dogma agama abad pertengahan; keberanian menerima dan menghadapi dunia nyata; keyakinan menemukan kebenaran dengan kemampuan sendiri; kebangkitan mempelajari sastra dan budaya klasik
  • (melahirkan) Pencerahan abad 18 yang merupakan embrio kebudayaan modern:
    -Rene Descartes dengan dictum cogito ergo sum “Aku Berpikir maka Aku Ada”. Melahirkan metode dengan menyangsikan segala sesuatu

Proses pematangan
·       Immanuel Kant (Filsuf Jerman): Ide absolut yang sudah terberi melahirkan kategori
·       Frederich Hegel: Idealisme absolut
·       Modern: Rasio, Subjek, Identitas, Ego, Totalitas, Ide-ide absolut, Kemjuan sejarah (linier), objektivitas, otonomi, Emansipasi, Kesewenangan ilmu pengetahuan, militerisme, materialisme
·       Ilmu dan Kebudayaan: Fisika kontemporer, Kejayaan Kapitalisme lanjut, Konsumerisme, Merebaknya budaya Massa, Budaya Populer, Industri Informasi, Televisi, Koran, Iklan, Film, Negara Bangsa (nation state), demokrasi, pluralisme
·       Terjadilah hegemoni Modern, patologi modern (dehumanisasi, alienasi, diskriminasi) sejak Amerika memenangkan Peran Dunia II. (suasana dunia modern waktu itu yang diwarnai totaliterianisme Stalin, fasisme dan otoriterisme Nazi Hitler dan perang dunia yang disebut sebagai "barbarisme baru". Karena itulah Teori Kritis sangat khawatir terhadap patologi rasionalitas modern, dan inilah Konteks sosio-historis yang melatari Teori Kritis)
·       Tokoh Seni Modern: Kafka, Mann, Gide (Sastra), Starisky, Schoenberg, Berg (Musik), Hendrik Ibsen, August Strinberg, Wedekind (drama), Jack Copeau (teater), Picasso,Matisse, Cezanne (Seni Lukis)
·       Modern: Mensubordinasikan dan memutuskan hubungan dengan tradisional
·       Modern: Rasionalitas Tujuan dan Nilai
·       Modern II: Revolusi Perancis

Postmodernisme

·       postmodernisme tidak lain adalah penolakan serta-merta terhadap modernitas, terhadap Pencerahan (Aufklärung) yang membawa janji emansipasi, dengan mengubur sama sekali kemungkinan adanya emansipasi itu sendiri. Artinya, konsep praksis yang mengandaikan emansipasi tidak lagi mendapat tempat. Bagi pendukung asumsi ini, postmodernisme dengan demikian adalah suatu kepekaan bahwa kehidupan kita tidak lebih dari permainan yang sepenuhnya ditentukan oleh bahasa, yang niscaya bersifat historis dan lokal. Kalapun ada yang disebut dengan "ide kebenaran", itu tidak lain adalah efek bahasa, hasil pembacaan tertentu terhadap "teks" kehidupan. Sebaliknya, di mata penghujat postmodernisme, asumsi tersebut tak pelak akan membawa pada nihilisme dan irasionalisme. Tidak heran kalau Jürgen Habermas, sang pemeluk teguh modernisme, menyebut Michel Foucault dan Jacques Derrida sebagai nihilis, obskurantis dan irasionalis
·       Lahir Paralogi Jean Francois Lyotard: Menerima Keberagaman realitas. Dengan kemajuan teknologi, maka kekuasaan telah dibagi-bagi
·       Jack Derida: Dekonstruksi: meleburnya konsep-metafor, kebenaran-fiksi, filsafat-puisi, nyata-palsu, asli-palsu; hiperrealitas: citra lebih meyakinkan daripada fakta, mimpi lebih dipercaya daripada hidup sehari-hari.
·       Michal Faucault: Kekuasaan bukan merupakan institusi yang menundukkan, tetapi relasi kompleks yang menyebar dan hadir dimana-mana
·       Jean Baudrillard: Diskontinuitas budaya, Masyarakat Tanda, Kode produksi dan reproduksi dalam simulacra: yakni ruang dimana mekanisme simulasi berlangsung; sejak Renaissance hingga awal revolusi industri, era industri, konsekuensi Iptek dan informasi
·       Kritikus seni Susan Sontag: kesadaran pada kemajemukan, bermain dan menikmati realitas secara bersama-sama tanpa ngotot dan menaklukkan realitas lain

Ringkasan

Akar Modern sesungguhnya sudah dapat dijelajahi dari para pemikir Yunani Purba. Namun demikian, sejarah modern justru bermula ketika munculnya Humanisme Italia dan Renaissance. Proses pematangan modern terjadi ketika suburnya pemikiran-pemikiran filsafat di berbagai akademi yang secara kritis mempersoalkan aspek-aspek epistemologis yang dibenturkan dengan realitas masyarakat. Masyarakat pada era ini (pematangan modern) mulai menikmati kebebasan berpikir dan kebebasan dalam membangun nilai-nilai kehidupan yang dihadapinya.
Di tengah pesatnya gelora modernitas, muncul paham-paham postmodernitas yang mengejutkan dunia akdemik maupun dunia praksis. Kehidupan pun seolah-olah berjalan sedemikian gambling dan mencerahkan. Manusia menemukan hakikat dirinya seperti yang dikehendakinya. Namun demikian, tidka semua anggota masyarakat merasa nyaman dengan paham-paham postmodernitas, karena manusia telah ”ditelanjangi” sedemikian rupa, sehingga tak ada yang perlu ditiadakan.

Topik Diskusi

1.          Carilah sebanyak mungkin pendapat yang menyebutkan sesuatu yang bermakna “modern”! Dan, buatlah pendapat anda tentang Modern!
2.          Buatlah korelasi pendapat anda tersebut dengan pemaknaan yang anda miliki tentang teater!
3.          Apakah anda sepakat dengan beberapa paham yang dimunculkan oleh para pemikir postmodern. Bila anda sepakat, pada paham pemikir yang mana? Sebutkan alasan anda! Bila anda tidak memiliki kesepakatan, jelaskanlah faktor apa yang membuat anda tidak memiliki kesepakatan sama sekali!
4.          Cobalah pertemukan pendapat anda tentang teater modern dengan paham-paham yang dimiliki pemikir postmodern! Bagaimana pendapat anda setelah mempertemukan makna teater modern dengan paham postmodern? Diskusikanlah dengan sesama teman anda! Dan, buatlah pendapat yang menurut anda paling tepat terhadap hasil diskusi tersebut

Sampai Jumpa di Pertemuan ke 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar