Selasa, 02 Oktober 2012


TEATER MODERN
Pertemuan ke 12

Teater Absurd, Teater Alienasi, Supra-realisme

Teater Absurd: Menunggu Godot

·               Nama teater Absurd diterapkan oleh kritik seni untuk sekelompok drama yang berbentuk struktur bersama tertentu, dan gaya serta dikaitkan dengan struktur filosofis yang lazim: teori absurd diformu-lasikan oleh eseis dan pengarang drama Perancis bernama Albert Camus. Camus menghubungkan kondisi manusia pada raja Sisy-phus dalam mitologi Corinthian, orang yang karena kekacauannya dihukum selama-lamanya untuk menggelindingkan batu dan meng-angkatnya kembali ke atas bukit. Camus melihat manusia modern seperti bicara dengan cara yang sama dalam nilai yang selalu sia-sia, nilai absurd terletak pada penggeledahan untuk beberapa makna atau tujuan atau perintah dalam kehidupan manusia. Bagi Camus, ketidakmasukakalan (keirasionalan) itu abadi dari alam yang membuat nilai itu absurd. Manusia dilemparkan ke suatu dunia yang asing, dan di dunia ini sesuatu diberikan tanpa keterangan apa-apa. Akal dan kesadaran manusia tidak bisa menerangkan misteri kehidupan ini. “Absurditas lahir dari konfrontasi antara keinginan manusia untuk mengerti dan dunia yang membisu menyimpan rahasia dirinya”, kata Albert Camus
·       Menurut Martin Esslin tentang tokoh-tokoh teater Absurd: Samuel Beckett (Irlandia): Melankolis, diwarnai perasaan sia-sia yang lahir dari kekecewaan yang mendalam pada usia tua, dan keputusasaan yang ironis. Arthur Adamov (Rusia): Lebih aktif, agresif, bersahaja, dan dibubuhi nada tambahan yang bersifat sosial atau politik. Eugene Ionesco (Rumania): Absurditas fantastik (tak masuk akal), penggambaran petualangan, yang dibumbui dengan menampilkan badut-badut yang tragis, adakalanya lontaran pikiran/ide yang bersifat menghantam. Tokoh Absurd yang lain, Jean Genet (Perancis), Friedrich Duerrenmant (Swiss), Slawomir Mrozek (Polandia), Harold Pinter (Inggris), Edward Albee (Amerika) dan Fernando Arrabal (Spanyol). Perancis merupakan pusat perkembangan teater Absurd melalui Ionesco, Adamov, Arrabal dan Beckett pada pertengahan abad dua puluh.

Teater Alienasi

·       Perbedaan yang sangat gamblang dari teater Absurd adalah Teater Alienasi.
·       Teater “Epik” Alienasi memusatkan perhatian pembicaraannya secara sosial pada kemampuan manusia untuk mengembangkan dan kemampuannya untuk mempengaruhi perubahan sosial.
·       Teater Alienasi berangkat dari pemikiran cerdas seorang dramawan dan sutradara Jerman bernama Bertolt Brecht (1896-1856). Pengaruh yang ditimbulkannya dapat diamati dari dua pandangan, yakni (1) Brecht memperkenalkan teater secara praksis (dalam perilaku manusia secara sosial), paling tidak terlihat dipermukaan; (2) Brecht memiliki keahlian dalam menyegarkan teater dengan kemanusiaan yang kasar melalui penyadaran kembali kepekaan rasa sosial manusia dan kesadarannya terhadap kemampuan teater untuk membentuk isu dan peristiwa publik.
·       Teater Brecht menggambarkan bunga rampai konvensi teater, disatu sisi berasal dari dunia purba, disisi lain dari drama Barat, dan yang lain berasal dari gerakan Ekspresionis Jerman yang pernah menjadi bagian dari permainan Brecht sendiri pada awal-awal karyanya
·       Topeng, nyanyian, syair, dekorasi yang asing dan unik, satire, dan ucapan langsung merupakan dasar konvensi Brecht yang dicangkok dari bentuk teater lainnya. Dia membangun banyak konvensi, yakni pancaran cahaya-lentera, menyusun penyutradaraan dengan percakapan kesamping dan (pembacaan) doa agar penonton menemukan diri mereka untuk membangun kerangka pemikiran yang objektif, membuat keragaman prosedur pada teknik demistifikasi teater, guna menghindari kebingungan penonton (misalnya, menurunkan pencahayaan agar pipa dan api dapat terlihat) menjadi ciri teater Brecht.
·       Brecht berusaha untuk mencegah penonton dari penghapusan keselarasan emosi, luluhnya kepekaan perasaan, tujuannya adalah menjaga penonton ”terasingkan” atau ”terpisahkan” dari penggambaran peristiwa yang harfiah oleh drama agar bebas untuk memperhatikan permasalahan sosial dan politik yang diturunkan dan direfleksikan drama. Brecht berusaha menciptakan perspektif baru sejarah manusia secara lebih luas.

Supra-Realisme

·       Pura-pura atau seolah-olah realistik, tetapi sebenarnya ditutupi dengan ketidakjelasan dan simbolisme dongeng
·       Sam Shepard seorang aktor-pengarang Garda Depan Amerika 1960-an-1970-an dengan lakon Buried Child, The Tooth of Crime, Operation Sidewinder, Angel City, dan Curse of the Starving Class mencirikan teaternya pada Supra-realisme

Ringkasan

Teater Absurd menemukan jati dirinya sebagai teater yang membangun kesia-siaan, keputusasaan maupun kegagalan rasionalitas manusia dalam memecahkan permasalahan kehidupan. Sehingga, tidak mengherankan bila ketika membaca drama dan menyaksikan teater absurd, penonton merasakan sesuatu yang bertele-tele, membingungkan, dan bahkan ketidaksinambungan dramatiknya. Brecht dan Ionesco menjadi contoh yang sangat kuat dalam perkembangan teater Absurd ini.
Teater Alienasi, khususnya teater Epik memecahkan persoalan tersebut dengan mendekatkan penontonnya pada persoalan sosial dan politik secara praksis. Brecht menjadi pusat perkembangan teater Alienasi, dan mempengaruhi pula pemikiran komunikasi teater yang berkembang sebelumnya. Brecht bahkan mengubah banyak pandangan tentang teater pada umumnya.

Topik Diskusi

1.          Apakah yang anda pahami tentang teater Absurd?
2.          Apakah yang anda pahami tentang teater Alienasi, dan teater Epik?
3.          Apakah yang anda pahami tentang Supra-realisme?
4.          Apakah yang menyebabkan teater Absurd dan Alienasi itu menjadi berbeda?
5.          Cobalah cari di lingkungan anda teater Absurd, teater Alienasi, dan teater Supra-realisme, dan jelaskan mengapa teater tersebut ada atau tidak ada di lingkungan anda!


Bersambung ke Pertemuan 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar